Tentang [HUMAS]

VISI MISI HUMAS

SMK NEGERI 1 BAWEN

VISI

“Meningkat keterserapan tamatan SMK Negeri 1 Bawen di dunia kerja baik sebagai karyawan perusahaan maupun wirausahawan”

MISI

  1. Bekerjasama dengan Bidang Kurikulum dan Kesiswaan untuk menyiapkan peserta didik yang kompeten dan berkarakter unggul
  2. Menjalin kerjasama aktif dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dengan berbagai bentuk kerjasama yang saling menguntungkan
  3. Menjembatani tamatan yang berminat berwirausaha dengan alumni yang sudah berhasil dalam berwirausaha melalui kegiatan jejaring alumni
  4. Menjalin kerjasama dengan masyarakat dan institusi lain
  5. Melakukan kegiatan promosi SMK Negeri 1 Bawen baik melalui website sekolah maupun media sosial
  6. Menginisiasi dana tau membina hubungan kerjasama dengan luar negeri
  7. Menyajikan data keterserapan tamatan setiap tahunnya

 

URAIAN TUGAS STAFF HUMAS

SMK NEGERI 1 BAWEN

NO JABATAN URAIAN TUGAS
1. WAKA HUMAS Ø Menyusun program kerja

Ø Menyusun rencana anggaran kegiatan sebagai pedoman penyusunan RKAS

Ø Berkoordinasi dengan staff Humas lainnya baik secara formal maupun non formal terkait kegiatan yang diprogramkan

Ø Membina hubungan aktif dengan DUDI, Komite Sekolah, masyarakat, Perguruan Tinggi, dan institusi-institusi lainnya

Ø Membina hubungan aktif dengan pihak dari luar negeri yang sudah maupun sedang melaksanakan kerjasama dengan sekolah

Ø Menanggapi surat-surat maupun berita yang dikirmkan melalui Email

Ø Berperan aktif dalam kegiatan mempromosikan sekolah baik melalui website sekolah maupun melalui kegiatan-kegiatan lainnya

Ø Menjadi penggerak kegiatan Bursa Kerja Khusus (BKK)

2. BENDAHARA Ø Membuat pembukuan keuangan rutin

Ø Melayani kebutuhan perjalanan dinas guru yang melakukan penjajakan, pengantaran, monitoring, penarikan

Ø Membuat kelengkapan administrasi keuangan PKL

Ø Membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan dana

 

3. SEKRETARIS Ø Melayani kebutuhan tata persuratan pada unit humas

Ø Menjadi penerima tamu di kantor humas

Ø Menjaga dan memelihara kebersihan dan keindahan ruangan humas dan lingkungan sekitarnya

Ø Melayani kebutuhan peralatan dalam pelaksanaan rekrutmen di sekolah

 

4. KOORDINATOR PKL Ø Membuat program PKL tahap I dan II

Ø Membuat rancangan pembiayaan PKL tahap I dan II

Ø Menerima ploting PKL dari tiap Kompetensi Keahlian

Ø Mengkoordinir pembimbing dalam pelaksanaan PKL tahap II

Ø Bersama dengan Waka Humas, KKK, dan pembimbing mengatasi persoalan yang muncul dalam kegiatan PKL

Ø Menerima hasil penilaian PKL baik dari DUDI maupun dari pembimbing untuk direkap dan diserahkan kepada bagian Kurikulum

 

5. KETUA BKK Ø Membuat program networking

Ø Membuat rancangan pembiayaan BKK

Ø Membuat rancangan pembiayaan networking

Ø Melakukan pendataan penelusuran tamatan setiap awal tahun ajaran baru

Ø Menerima, mengarsip, dan membagikan informasi lowongan pekerjaan dari perusahaan

Ø Membagikan informasi lowongan pekerjaan kepada alumni

Ø Melayani alumni yang membutuhkan informasi lowongan pekerjaan

Ø Menjalin kerjasama aktif dengan BKK dari SMK lain, dengan Dinas Ketenagakerjaan, dan perusahaan/ instansi terkait.