Akomodasi Perhotelan

PROFIL PROGRAM KEAHLIAN KEPARIWISATAAN

PAKET KEAHLIAN AKOMODASI PERHOTELAN

 

Unit Kerja Akomodasi Perhotelan (AP) merupakan unit kerja termuda diantara unit-unit kerja lainnya. Sebagai Unit Kerja termuda, karena baru lahir berdasarkan surat Rekomendasi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Semarang nomor: 042/020/2008 tanggal 2 Januari 2008,tetap konsisten menatap masa depan secara komprehensif dan jauh ke depan untuk memacu agar lebih baik dalam peran serta aktif membangun  SMK Negeri 1 Bawen.  Selanjutnya diharapkan Paket Keahlian  Akomodasi Perhotelan dapat menjadi “icon” atau simbol kemajuan dan prestasi SMK Negeri 1 Bawen.

Program keahlian Kepariwisataan ini mempunyai satu Paket Keahlian, yaitu Akomodasi Perhotelan (AP). Visi program keahlian ini yaitu “Menghasilkan tamatan yang profesional dalam bidang perhotelan”. Program keahlian ini sekarang mampu mencetak tenaga kerja terampil menengah yang mandiri dan profesional.

Didukung dengan adanya mitra dari Dunia Usaha/ Dunia Industri yang cukup seperti Hotel Citraland Semarang, Hotel Ciputra Semarang, Hotel Horison Semarang, Hotel Patra Semarang, Hotel Meissastila Magelang, Hotel Grand Wahid Salatiga, Hotel Laras Asri Salatiga, Hotel Bumi Segah Berau Kalimantan Utara, dan beberapa hotel lain, membuat peserta didik dari program keahlian ini mendapatkan kompetensi yang cukup memadai dalam bidang perhotelan.

Beberapa kompetensi tambahan yang didapatkan peserta didik di SMK Negeri 1 Bawen di antaranya yaitu kegiatan Showing Room di Hotel ternama, Table Manner Course bersertifikat, On The Job Training, Ujian Kompetensi dari LSP Perhotelan, dan kesempatan untuk menjadi tenaga kerja paruh waktu (casual) di beberapa hotel/ restoran.

Hingga saat ini, Akomodasi Perhotelan telah banyak meraih prestasi dalam berbagai lomba di bidang kepariwasataan dan pelaksanaan uji kompetensi dari lembaga sertifikasi profesi pariwisata. Untuk itu, diperlukan upaya gigih untuk meningkatkan prestasi hingga level internasional. Sehubungan dengan itu, penyusunan program kerja atau rencana kerja yang baik merupakan bagian awal dan pokok sebagai panduan dalam membenahi dan meningkatkan prestasi di masa yang akan datang.


STRUKTUR ORGANISASI PAKET KEAHLIAN AKOMODASI PERHOTELAN

SMK NEGERI 1 BAWEN

TAHUN PELAJARAN 2016/2017

 

struk-ap


VISI

“Menghasilkan lulusan yang bertaqwa, kompeten, berwawasan lingkungan, dan mampu bersaing di bidang Akomodasi Perhotelan”

MISI

  1. Mendidik dan melatih peserta didik menjadi manusia yang bertaqwa dan berakhlak mulia
  2. Peduli dan berwawasan lingkungan
  3. Terampil dan mandiri
  4. Mampu beradaptasi dan bersaing di bidang Akomodasi Perhotelan

TUJUAN

“Mencetak peserta didik untuk menjadi tenaga ahli dan siap kerja, baik mandiri maupun sebagai tenaga kerja DU/DI di bidang Akomodasi Perhotelan”


Sasaran Mutu

  1. Membekali siswa dalam berwirausaha melalui program On The Job Training selama 4 bulan
  2. Mengikutsertakan guru dan laboran dalam program pendidikan dan pelatihan/ magang/ seminar/ studi banding minimal 1 orang guru dan 1 orang laboran
  3. Meningkatkan keahlian guru dan laboran dalam penggunaan multimedia minimal 1 orang
  4. Meningkatkan kompetensi dan wawasan siswa terhadap industri perhotelan dengan mendatangkan guru tamu praktisi industri, minimal 1 orang.
  5. Menyediakan bahan pengajaran berupa modul minimal 4 judul.
  6. Meningkatkan kualitas pembelajaran siswa dengan menambah kompetensi akuntansi dan bahasa Inggris, khusus perhotelan.
  7. Menyelenggarakan UPK dari LSP Pariwisata dengan tingkat kelulusan 95 Persen.

Data Tenaga Pendidik 

ap


Kegiatan Siswa

  1. Showing Room di Hotel
  2. Table Manner Course dan mendapat sertifikat
  3. On The Job Training di Hotel
  4. Kunjungan Industri ke Hotel dan Sekolah Tinggi Pariwisata
  5. Casual (kerja paruh waktu)

Hotel yang bekerja sama dengan Paket Keahlian Akomodasi Perhotelan

  1. Hotel Citra Land Semarang
  2. Hotel Ciputra Semarang
  3. Hotel Meissastila Magelang
  4. Hotel Horison Semarang
  5. Hotel Patra Convention  Semarang
  6. Hotel Gracia Semarang
  7. Hotel Semesta Semarang
  8. Hotel Pandanaran Semarang
  9. Hotel C3 Ungaran
  10. Hotel Gumaya Semarang
  11. Hotel Grand Wahid Salatiga

Data Penelusuran Alumni Tahun 2016

ap2


Diagram Alir Kegiatan OJT

ap3 ap4


Work Instruction Pelaksanaan OJT

  1. Tujuan

Work intruction ini disusun dengan tujuan untuk memastikan dilaksanakannya kegiatan On The Job Training di dunia usaha/ industri yang merupakan bagian integral dari proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Bawen.

  1. Ruang Lingkup

Work Instruction ini berlaku bagi proses pelaksanaan On The Job Training untuk peserta diklat SMK Negeri 1 Bawen.

  1. Referensi/ Acuan

QM – Sasaran Mutu

QP – Pengendalian Dokumen

Dok – Kur Th. 2004

  1. Definisi

On The Job Training (OJT) adalah suatu bentuk penyelenggaraan diklat keahlian kejuruan (aspek produktif) dengan cara bekerja langsung di Dunia Usaha /Industri untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional tertentu

  1. Work Instruction
    • Koordinator HI (Hubungan Industri) mengajukan permohonan tempat OJT ke DU/DI baik melalui surat, telepon, SMS, email, atau kunjungan langsung. Permohonan yang diajukan memuat di antaranya jumlah peserta, tanggal dan bulan pelaksanaan, durasi waktu, serta gambaran umum materi/job yang akan dikerjakan selama OJT berlangsung.
    • Setelah mengajukan permohonan tempat OJT ke beberapa perusahaan DU/DI melalui surat/ telepon/ SMS/ email/ kunjungan, kemudian dilakukan pendataan terhadap surat-surat/ telepon yang masuk yang merupakan tanggapan dari kegiatan 5.1. Surat/telepon yang masuk perlu didokumentasi/ diarsip secara terpisah antara yang menerima dan menolak.
    • Menginformasikan kepada para peserta diklat daftar Perusahaan (DU/DI) yang bersedia menerima peserta OJT.
    • Mengadakan bimbingan kepada calon peserta OJT tentang bagaimana menyusun program kerja dan proposal sesuai perusahaan (DU/DI) yang akan dituju sebagai tempat OJT.
    • Pembekalan kepada para calon peserta OJT tentang sikap mental dan etos kerja/ budaya kerja di perusahaan (DU/DI).
    • Pelepasan oleh sekolah dan pengiriman calon peserta OJT ke perusahaan (DU/DI).
    • Pelaksanaan [raktik/ bekerja langsung di perusahaan (DU/DI). Selama kegiatan ini peserta dinilai oleh instruktur di perusahaan.
    • Selama OJT berangsung, Satgas sekolah mengadakan monitoring.
    • Setelah kegiatan OJT berakhir, peserta mohon diri dari DU/DI dan melaporkan kembali ke sekolah dengan membawa kelengkapan dokumen/ rekaman yang telah ditentukan (Sertifikat, Jurnal, Buku Pembimbing, dll.).

20141101_092214

cimg3893

cimg3902

cimg3907

dscn1219

paket-keahlian-perhotelan

rkb-perhotelan

img_4087

img_4084

img_4085

img_4088