Agribisnis Ternak Ruminansia

PROGRAM KERJA

KOMPETENSI KEAHLIAN AGRIBISNIS TERNAK RUMINANSIA (ATR)

TAHUN pelajaran 2020/2021

A. Karakteristik/Ruang Lingkup Kompetensi Keahlian

Program Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia (ATR) mempunyai konsep pembelajaran yang dilaksanakan selama tiga tahun dan mengacu pada Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017 Terbaru, yang meliputi pembelajaran teori atau tatap muka di kelas, Praktik di sekolah, Kunjungan Industri (KI) yang diprogramkan pada kelas X semester genap  serta Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang diprogramkan pada kelas XI semester genap selama empat bulan di industri yang telah bekerja sama dengan Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia.

Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia (ATR) berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor  07/D.D5/KK/2018   Tanggal 7 Juni 2018 Tentang Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), susunan Struktur Kurikulumnya untuk  muatan Peminatan Kejuruan adalah seperti pada Tabel di Bawah ini

 

 STRUKTUR KURIKULUM

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN

Satuan Pendidikan                         :  SMK Negeri 1 Bawen

Bidang Keahlian                               :  Agribisnis dan Agroteknologi

Program Keahlian                          :  Agribisnis Ternak (5.2)

Kompetensi Keahlian                    :  Agribisnis Ternak Ruminansia  (5.2.1)

 

MATA PELAJARAN KELAS
X XI XII
1 2 1 2 1 2

 

C.         Muatan Peminatan Kejuruan
C2.    Dasar Program Keahlian
1. Dasar-dasar Pemeliharaan Ternak 4 4
2. Dasar-dasar Pakan Ternak 4 4
3. Dasar-dasar Kesehatan Ternak 4 4
C3.    Kompetensi Keahlian
1. Agribisnis Ternak Ruminansia Pedaging 6 6 5 5
2. Agribisnis Ternak Ruminansia Perah 6 6 6 6
3. Agribisnis Pakan Ternak Ruminansia 4 4 5 5
4. Agribisnis Pembibitan Ternak Ruminansia 4 4 5 5
5. Agribisnis Aneka Ternak 4 4 4 4
6. Produk Kreatif dan Kewirausahaan 7 7 8 8
Jumlah C (C2 dan C3) 12 12 31 31 33 33
Minggu Efektif (ME) 18 18 18 18 18 16
Total Keseluruhan  152 jam (76/Semester) 24 62 66

 

Kompetensi Keahlian Agribisnnis Ternak Runinansia (ATR) mempunyai 8 rombongan belajar yang masing – masing tingkat terdiri dari :

  1. Kelas X sebanyak 2 rombel (rombongan belajar),
  2. Kelas XI sebanyak 3 rombel, dan
  3. Kelas XII sebanyak 3 rombel,

Jumlah keseluruhan Peserta Didik di Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak sebanyak 251 peserta didik dengan jumlah guru 5 Guru ATR dan 3 Karyawan, seperti pada daftar di bawah ini.

 

Daftar Peserta Didik

Pertanggal 13 Juli 2020 Tahun Pelajaran 2020/2021 Semester Gasal

Kompetensi Keablian Aribisnis Ternak Ruminansia (ATR)

 

No Kelas Jumlah Jumlah Keterangan

Wali Kelas

Laki Putri

 

1 X ATR  A 22 13 35 Giyanto, S.Ag. M.Pd.
2 X ATR  B 23 12 35 Nuraeni Fitrie Utami, S.Pd.
3 XI ATR  A 26 8 34 Rudiyanto, S.Pd.
4 XI ATR  B 22 10 32 Trisnawanto, S.Pt.
5 XI ATR  C 26 8 34 Irfan Firmansyah, A.Md.
6 XII ATR  A 26 4 30 Drs. Edi Kristono
7 XII ATR  B 20 8 28 Ambar Kurniawati, S.Pd.
8 XII ATR  C 17 6 23 Budi Tjahjono, S.Pd

 

Jumlah 182 69 251  

 

Daftar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Pertanggal 13 Juli 2020 Tahun Pelajaran 2020/2021 Semester Gasal

Kompetensi Keablian Aribisnis Ternak Ruminansia (ATR)

 

No Nama Status Jenjang Pendidikan Jabatan Dan Sertifikasi Skema Sertifikasi

 

1 Alip Dwi Basuki, SP. M.Eng. PNS S2 Guru Tetap Sertifikasi dan K3 ATR 4 Skema Sertifikasi dan Asesor
2 Drs. Edi Kristono PNS S1 Guru Tetap Sertifikasi 2 Skema Sertifikasi
3 Ir. Sumainah PNS S1 Guru Tetap Sertifikasi 2 Skema Sertifikasi
4 Trisnawanto, S.Pt. GTT S1 Guru Tidak Tetap  
5 Ivan Mutaqin, S.Pt. GTT S1 Guru Tidak Tetap  
6 Irfan Firmansah, A.Md. PTT D3 Pegawai Tidak Tetap  
7 Poniman PNS SMK Karyawan Tetap  
8 Muhamad Supriyadi PTT SMK Karyawan Tidak Tetap  

 

B. Visi-Misi dan Tujuan Kompetensi Keahlian ATR

 

Visi
Mencetak  lulusan  Agribisnis Ternak Ruminansia yang bertaqwa, berkarakter unggul, profesional, serta berwawasan lingkungan yang mampu bersaing di era global

 

Misi

  1. Mendidik dan melatih peserta didik menjadi manusia yang bertaqwa dan berkarakter unggul
  2. Menyelenggarakan diklat produktif Agribisnis Ternak Ruminansia yang mengacu pada Revolusi Industri 4.0 dengan pendekatan pembelajaran Abad 21
  3. Mengembangkan dan menjalin kerja sama ( networking) dengan DU/DI yang memiliki kualifikasi Agribisnis Ternak Ruminansia yang sesuai dengan tuntutan jaman
  4. Mengembangkan dan menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan berwawasan lingkungan
  5. Memberdayakan dan mengoptimalkan potensi yang ada di Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia dalam mewujudkan pelayanan prima

 

Tujuan Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia

  1. Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia bertujuan membekali peserta didik yang bertaqwa, berkarakter unggul dan profesional baik pengetahuan, keterampilan dan sikap agar kompeten dalam :
    1. Mengelola kandang dan peralatan agribisnis ternak ruminansia
    2. Memilih bibit ternak ruminansia yang unggul
    3. Memformulasi, memproduksi dan mengawetkan hijauan pakan ternak
    4. Melakukan penanganan (handling) ternak ruminansia
    5. Melakukan pemerahan susu, penanganan dan pengelolaan hasil ternak ruminansia perah
    6. Mengembangkan, memproduksi ternak potong (fattening)
    7. Menerapkan K3LH serta menangani dan mengolah limbah agribisnis ternak ruminansia
    8. Melakukan pencegahan penyakit dan penanganan ternak sakit
    9. Menyusun proposal usaha agribisnis ternak ruminansia
  2. Mengimplementasikan Pendidikan Karakter (Character Building) dan Pendidikan yang berwawasan Lingkungan Hidup dalam setiap aspek kegiatan terstruktur pada kompetensi keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia.

C. Produk Unggulan dan Kekhasan Kompetensi Keahlian ATR

Produk unggulan yang menjadi ciri khas di Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia adalah   :

  1. Penggemukan ternak ruminansia pedaging baik ternak sapi dan breeding
  2. Penggemukan ternak ruminansia pedaging baik ternak ternak domba / kambing dan breeding
  3. Pengelolaan Limbah Tenak Ruminansia menjadi kompos dan Bokasi
  4. Pengelolaan produksi susu menjadi minuman kemasan dan prodak olahan lainnya
  5. Menciptakan padang umbaran sebagai sarana edukasi untuk kunjungan wisata peserta didik dari tingkat dibawahnya (Anak-anak SD dan TK)
  6. Kunjungan industri sebagai kegiatan Edukasi pengenalan awal terhadap  Dunia Usaha dan Dunia Industri di bidang agribisnis Ternak Ruminansia di Seluruh Indonedia

D. Fasilitas Kompetensi Keahlian ATR

Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia memiliki fasilitas lengkap yang meliputi kandang sapi, kandang kambing domba, lahan hijauan, lahan umbaran, tempat penampungan kotoran, peralatan – peralatan praktik semi otomatis untuk menunjang kegiatan belajar mengajar setiap hari, serta peralatan handling ternak yang terstandar baik untuk ternak ruminansia besar maupun kecil dan tersedia padang umbaran ternak sebagai wahana exercise ternak ruminansia dan peneraman animal welfare / kesejahteraan hewan.

E. Prestasi Kompetensi Keahlian (5 Tahun Terakhir)

  1. Sebagai juara 1 tingkat Provinsi lomba LKS Exsibishi Keperawatan Hewan atas nama Lala Mukarohmah yang diselenggarakan di SMK Negeri 1 Bawen. tahun .2020 dengan Guru Pembimbing Bapak Trisnawanto, S,Pt.

 F. Kerja Sama Dudi

Ada 10 lembaga Pemerintah dan Dunia Usaha dan Dunia Industri yang bekerja sama dengan kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia dalam kegiatan proses belajar mengajar yang terjalin dengan baik, yaitu Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari Malang, UPTD Balai Diklat Agribisnis Sukoharjo, PT. Adi Boga Cipta Getasan Kabupaten Semarang, Balai Inseminasi Buatan Ungaran, PT Andini Megah Boyolali, PT Santori Lampung Tengah, PT Legiri Boyolali, Inbias Farm (RPH Ambarawa), Mitra Agro Farm Pulutan Salatiga, dan Peternakan Domba/Kambing Bumiku Hijau Farm Yogyakarta

 G. Peluang Kerja Tamatan

Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia (ATR) SMK Negeri 1 Bawen  mempunyai peluang bekerja di lembaga/intasnsi pemerintah dan Dunia Usaha dan Dunia Industri, antara lain   :

  1. Adi Boga Cipta (ABC) Getasan Kabupaten Semarang
  2. PT Medion
  3. PT Charoen Pokphand
  4. PT Multi Breeder Indonesia, Purwakarta
  5. PT Trubus Surabaya
  6. PT Sidoagung Agro Prima
  7. Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari Malang
  8. Balai Inseminasi Buatan (BIB) Ungaran
  9. PT JAPFA
  10. PT Best Agro International
  11. Mitra Agro Farm Pulutan Salatiga
  12. PT Santori Lampung Tengah
  13. PT Cipta Futura Palembang
  14. CV Subur Tunas Mandiri, Surabaya
  15. PT Wirakarya Sakti, Jambi
  16. PT Janu Putra Sejahtera, Jawa Barat
  17. PT Abadi Farm, Tangerang
  18. PT JIAEC ( Japan Indonesia Economic Center)
  19. PT Karyatama Mitra Sejati Malaysia
  20. Bumiku Hijau Farm Yogyakarta

H. Struktur Organisasi Kompetensi Keahlian ATR

STRUKTUR ORGANISASI

KOMPETENSI KEAHLIAN AGRIBISNIS TERNAK RUMINANSIA

(ATR)

SMK NEGERI 1 BAWEN

Uraian Tugas Dari Struktur Organisasi di Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia (ATR)

Tahun Pelajaran 2020/2021 adalah sebagai berikut  :

  • Ketua Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia / K3 ATR
    1. Menyusun program kerja tahunan (RKT) sesuai program kerja RKJM dari kepala sekolah
    2. Menganalisis dan Mengembangkan Kurikulum Kompetensi Keahlian ATR
    3. Mengkoordinir tugas guru dan karyawan di kompetensi keahlian
    4. Mengkoordinir penggunaan ruang teori, ruang paraktik, kandang dan laboratorium
    5. Membantu kepala sekolah dalam peningkatan profesi guru pada kompetennsi keahlian
    6. Mengusulkan dan menyusun pengadaan kebutuhan anggaran dan bahan praktik serta peralatan praktik
    7. Menyusun program perbaikan fasilitas di kompetensi keahlian (Maintenen and Reaper) terhadap peralatan yang dibutuhkan di kompetensi keahlian
    8. Melaksanakan supervisi dan evalusi kegiatan pembelajaran di kompetensi keahlian
    9. Mengatur urusan lingkungan dan administrasi di kompetensi keahlian
    10. Menjalin kerjasama dengan IDUKA serta kemitraan dengan instansi / IDUKA terkait dalam pengembangan pembelajaran di kompetensi keahlian
    11. Membantu pelaksanaan 7 K di lingkungan kompetensi keahlian
    12. Menyusun laporan kegiatan secara menyeluruh di kompetennsi keahlian kepada kepala sekolah secara berkala dan setiap akhir tahun pembelajaran
  • Sekretaris pada Kompetensi Keahlian ATR
    1. Membantu dan menyusun program kerja tahunan (RKT) sesuai program kerja RKJM bersama ketua kompetennsi keahlian
    2. Menganalisis dan menyusun Kurikulum Kompetensi Keahlian ATR
    3. Membantu dan mengkoordinir tugas guru dan karyawan di kompetensi keahlian
    4. Menyusun jadwal penggunaan penggunaan ruang teori, ruang paraktik, kandang dan laboratorium
    5. Membantu ketua kompetensi keahllian dalam peningkatan profesi guru pada kompetennsi keahlian di ATR
    6. Merekap dan menyusun pengadaan kebutuhan anggaran dan bahan praktik serta peralatan praktik
    7. Membantu dalam penyusunan program perbaikan fasilitas di kompetensi keahlian (Maintenen and Reaper) terhadap peralatan yang dibutuhkan di kompetensi keahlian
    8. Menyiapkan semua perangkat supervisi dan evalusi kegiatan pembelajaran di kompetensi keahlian
    9. Menyusun jadwal dan negkoordinir terhadap lingkungan kerja dan administrasi di kompetensi keahlian
    10. Membantu dalam menjalin kerjasama dengan IDUKA serta kemitraan dengan instansi / IDUKA terkait dalam pengembangan pembelajaran di kompetensi keahlian
    11. Menyusun jadwal dan membantu pelaksanaan 7 K di lingkungan kompetensi keahlian
    12. Menyusun laporan kegiatan secara menyeluruh di kompetennsi keahlian kepada ketua kompensi keahlian secara berkala dan setiap akhir tahun pembelajaran
  • Bendahara Praktik dan Bendahara Bisni pada Kompetensi Keahlian ATR
    1. Membantu dan menyusun program kerja tahunan (RKT) sesuai program kerja RKJM bersama ketua kompetennsi keahlian
    2. Menganalisis dan menyusun kebutuhan anggaran yang diperlukan dalam Kompetensi Keahlian ATR
    3. Menyusun dan membantu dan mengkoordinir tugas guru dan karyawan di kompetensi keahlian khususnya dalam hal kebutuhan anggaran untuk pengadaan sarana prasarana praktik
    4. Menyusun jadwal secara cermat penggunaan anggaran secara penyeluruh dikompetensi keahlian
    5. Menyiapkan, mengadakan dan menyerahkan akan semua kebutuhan anggaran yang dibutuhkan di kopetensi keahlian
    6. Membuat rencana anggaran, merealisasikan anggran dan melaporkan penggunaan anggaran secara baik dan rapi dalam pembukuan kas
    7. Menyusun laporan pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan anggaran secara menyeluruh di kompetennsi keahlian kepada ketua kompensi keahlian secara berkala (per bulan sekali) dan setiap akhir tahun pembelajaran
  • Bidang Kurikulum pada Kompetensi Keahlian ATR
    1. Bersama ketua kompetensi keahlian menyusun program kerja tahunan (RKT) sesuai program kerja RKJM dari kepala sekolah khususnya masalah kurikulum dan proses pembelajaran
    2. Menganalisis dan mengembangkan Kurikulum Kompetensi Keahlian ATR serta melakukan pemasyarakatan kepada bapak ibu guru di kompetennsi keahlian
    3. Membuat dan mengkoordinir tugas guru dan karyawan di kompetensi keahlian serta jadwal proses pembelajaran
    4. Penyusun tugas pembagian mengajar beserta jumlah jam yang ada secara merata
    5. Menganalisi ketercapaian target kurikulum dan daya serap pembelajaran
    6. Memantau dan mengkoorinir proses pembelajaran, pembagian tugas, jadwal pelajaran, serta evaluasi belajar
    7. Mengkoordinir penggunaan ruang teori, ruang paraktik, kandang dan laboratorium
    8. Membantu kepala sekolah dalam peningkatan profesi guru pada kompetennsi keahlian sesuai mata pelajaran yang diampu
    9. Mengkoordinir penyusuna Silabus, RPP dan administrasi yang dibutuhkan guru
    10. Menyusun laporan pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan anggaran yang berkaitan dengan kurikulum dan laporan aminstrasi secara menyeluruh di kompetennsi keahlian kepada ketua kompensi keahlian secara berkala (per bulan sekali) dan setiap akhir tahun pembelajaran serta melaporkan hasil evauasi pembelajaran
  • Bidang Sarana Prasarana pada Kompetensi Keahlian ATR
    1. Bersama ketua kompetensi keahlian menyusun program kerja tahunan (RKT) sesuai program kerja RKJM dari kepala sekolah khususnya kebutuhan sarana prasara
    2. Menganalisis dan Mengembangkan sarana prasarna di Kompetensi Keahlian ATR serta melakukan pemasyarakatan kepada bapak ibu guru di kompetennsi keahlian tentang prosedur pengadaan dan kebutuhan sarana prasarna
    3. Menganalisi ketercapaian target kebutuhan dan pengadaan sarana prasarana dan daya pemakaian sarana prasarana dalam proses pembelajaran
    4. Mengkoordinir penggunaan ruang teori, ruang paraktik, kandang dan laboratorium khusunya dalam penggunaan sarana prasarana
    5. Menyusun program perbaikan fasilitas di kompetensi keahlian (Maintenen and Reaper) terhadap peralatan yang dibutuhkan di kompetensi keahlian
    6. Mengusulkan dan mengajukan secara berkala atau satu tahun sekali tentang semua kebutuhan sarana prasarana yang dibutuhkan di kompetensi keahliann ATR secara lengkap
    7. Menyusun laporan pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan anggaran yang berkaitan dengan sarana prasarana dan laporan aminstrasi secara menyeluruh di kompetennsi keahlian kepada ketua kompensi keahlian  secara berkala (per bulan sekali) dan setiap akhir tahun pembelajaran
  • Bidang Kesiswaan pada Kompetensi Keahlian ATR
    1. Bersama ketua kompetensi keahlian menyusun program kerja tahunan (RKT) sesuai program kerja RKJM dari kepala sekolah khususnya permasalahan kesiswaan
    2. Menganalisis dan Mengembangkan program kesiswaan di Kompetensi Keahlian ATR serta melakukan pemasyarakatan kepada bapak ibu guru di kompetennsi keahlian tentang prosedur penanganan kesiswaan
    3. Menganalisi ketercapaian target penanganan kesiswaan dan menekan angka droup out dan angka permasalahan kenakalan yang terjadi di dalam proses pembelajaran
    4. Mengkoordinir dan memastikan peraturan dan tata tertib kesiswaan yang berlaku berjalan dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan
    5. Menyusun jadwal dan mengkoordinir keikut sertaan peserta didik dalam kegiatan ekstra kurikuler
    6. Menyusun program penangan kesiswaan yang bermasalah serta mengantisipasi jika terjadinya masalah dalam lingkungan sekolah maupun diluar sekolah serta di kompetensi keahlian ATR
    7. Mengusulkan dan mengajukan secara berkala atau satu tahun sekali tentang semua kebutuhan sarana prasarana untuk kesiswaan yang dibutuhkan di kompetensi keahliann ATR secara lengkap
    8. Menyusun laporan pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan anggaran yang berkaitan dengan kesiswaan dan laporan aminstrasi secara menyeluruh di kompetennsi keahlian kepada ketua kompensi keahlian  secara berkala (per bulan sekali) dan setiap akhir tahun pembelajaran
  • Bidang Humas pada Kompetensi Keahlian ATR
    1. Menyusun program kerja tahunan (RKT) sesuai program kerja RKJM dari kepala sekolah berkaitan dengan Humas (IDUKA)
    2. Menganalisis dan Mengembangkan program humas (IDUKA) pada Kompetensi Keahlian ATR
    3. Mengkoordinir tugas guru dan karyawan di kompetensi keahlian khususnya yang berkaitan dengan hubungan keluar
    4. Mengkoordinir dan mengembangkan hubungan keluar dengan IDUKA atau intansi yang terkait dalam proses pengembangan sekolah
    5. Membantu kepala sekolah dalam peningkatan profesi guru pada kompetennsi keahlian dalam kegiatan magang di IDUKA
    6. Mengusulkan dan menyusun pengadaan kebutuhan anggaran dan bahan yang terkait dengan hubungan keluar khususnya dengan instasi atau IDUKA
    7. Menyusun program keterjalinan kerjasama dengan IDUKA sesuai tuntutan kompetensi keahlian
    8. Melaksanakan koordinasi, supervisi dan evalusi kegiatan pembelajaran di IDUKA dan penempatan peserta didik dalam kegiiatan magang / prakerin / PKL atau dalam penempatan tamatan
    9. Menjalin kerjasama dengan IDUKA serta kemitraan dengan instansi / IDUKA terkait dalam pengembangan pembelajaran di kompetensi keahlian
    10. Menyusun laporan kegiatan secara menyeluruh yang terkait kerjasama IDUKA kepada ketua kompetensi keahlian  secara berkala dan setiap akhir tahun pembelajaran dalam penempatan peserta didik magang / prakerin / PKL, penempatan tamatan dan rekrutmen pekerjaan

 

RENCANA PROGRAM KERJA TAHUNAN

KOMPETENSI KEAHLIAN AGRIBISNIS TERNAK RUMINANSIA (ATR)

TAHUN  PELAJARAN 2020 /2021

NO URAIAN KEGIATAN TUJUAN INDIKATOR KEBERHASILAN PELAKSANA / PENANGGUNG JAWAB WAKTU PELAKSANAAN SUMBER DANA  
1 Koordinasi dan konsultasi dengan Kepala Sekolah Menyamakan persepsi

Review dan revisi Visi, Misi tujuan lembaga

Merumuskan Visi dan Misi

Adanya :

–   Jadwal konsultasi          Hasil konsultasi

KKK Juni 2020  
2 Rapat Koordinasi dengan warga program keahlian – Menyamakan persepsi

– Mengadakan review dan revisi program

–  Menyusun struktur organisasi dan uraian tugas program keahlian

Adanya :

–  Surat undangan

–  Daftar Hadir

–   Notulen rapat

–   Struktur organisasi

–   Uraian tugas

KKK Juli 2020  
3

 

 

 

 

 

Penerimaan Siswa Baru      Menerima siswa baru Adanya :

–  SK Panitia

–  Kriteria penerimaan siswa baru

–  Brosur

–  Buku Pendaftaran

–  Formulir pendaftaran

Panitia PSB

KKK

Wakasek Kesiswaan

Juni – Juli 2020  
4 Melaksanakan MOS berbasis Wawasan Kebangsaan Memperkenalkan sekolah kepada peserta didik baru

–    Menumbuhkan sikap ingin terlibat dalam partisipasi dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara demokrasi dalam wadah NKRI

 

Adanya :

–     SK Panitia

–     Pedoman MOS BWK

–     Program MOS

–     Laporan Pelaksanaan MOS

Waka Kesiswaan

Panitia MOs

 
I STANDAR ISI
1 IHT / Rapat awal tahun –          Mengembangkan silabus

–          Menyusun KTSP

–          Mengadakan pemetaan kompetensi dasar dan penentuan KKM

–          Melengkapi Administrasi Guru

–          Menentukan mapel muatan local

–          Menentukan mapel pengembangan diri

–          Menentukan beban belajar

–          Membagikan tugas mengajar guru

–                                           Pengembangan RPP dengan langkah2 yang benar dan lengkap

Adanya :

–         Undangan rapat

–         Daftar Hadir guru

–         Daftar hadir komite

–         Daftar hadir DU/DI

–         Daftar hadir Konselor

–     Daftar hadir unsur Dinas/Pengawas

–     Silabus

–     Kalender Pendidikan

–     Penentuan KKM

–     RPP yang memuat : tugas terstruktur, mandiri tidak terstruktur, penilaian diskusi.

–     Program Prakerin

–     Pemanfaatan TIK

Kepala Sekolah

Waka Kurikulum

KKK

Juli 2020 APBS  
2 Menandatangankan KTSP kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Pengesahan KTSP Adanya :

Buku KTSP

Pengesahan Kepala Sekolah

Pengesahan Komite

Pengesahan Kadisdik

Kota Bandung

KKK

Kepala Sekolah

Juli 2020 APBS  
II STANDAR PROSES
1 Memeriksa kelengkapan Administrasi Guru Mengetahui kesiapan mengajar setiap guru maple sesuai dengan ketentuan Adanya :

–      Silabus

–      Pemetaan Kompetensi dan penentuan KKM

–       Kalender pendidikan

–       Prota

–       Prosem

–       RPP

–       Kisi2

Waka Kurikulum

KKK

Guru Mapel

Juli 2020 – Juni 2021 APBS  
2 Membantu Kepala Sekolah dalam pengawasan jalannya pembelajaran Memiliki pembelajaran yang efektif dan efisien sesuai dengan langkah2 pembelajaran dan persyaratan pembelajaran

memiliki integritas kepribadian dan bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, serta peraturan dan ketentuan yang berlaku

Adanya :

–       RPP

–       Sistem penilalaian

–       Penugasan

–       Kemajuan kompetensi

–       Agenda Kelas

–       Instrumen Monitoring dan supervise

–       Hasil supervise

–       Program tindaklanjut supervisi

Waka Kurikulum

KKK

Juli 2020 – Juni 2021 APBS  
3 Melaksanakan pembelajaran berbasis TIK sesuai program Mengikuti perkembangan teknologi local dan global Adanya :

–        Guru KKPI

–       Ijazah/sertifikat

–       Penetapan jam mengjr sesuai struktur program

–       RPP memuat pemanfaatan TIK

KKK

Waka Kurikulum

Guru KKPI

Juli 2020 – Juni 2021 APBS  
4 Melksanakan Unit Produksi/Bussnis Centre Di Program Keahlian TB Meningkatkan kompetensi siswa sesuai dengan kehliannya dalam bentuk bisnis nyata Adanya :

–       Program UP

–       SK Panitia UP

–       Laporan keuangan

–       Buku Kas

–       Distribusi keuntungan keuntungan

Pengurus UP

KKK

Waka Kurikulum

Juli 2020 – Juni 2021 Swadana

APBS

 
5 Menindaklanjuti MoU dengan DU/DI Mengefektifkan peran DU/DI Adanya :

–      MoU dengan DU/DI

–      Identifikasi Isi MoU

–      Program tindak lanjut MoU

Waka Humas/Hubin

KKK

Guru Produktif

Juli 2020 – Juni 2021 Masyarakat  
6 Melaksanakan kegiatan kunjungan industri dan pengembangan diri Memberikan pengalaman kepada peserta didik untuk memanfaatkan kompetensi kejuruannya

Memperoleh pengalaman dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulisan secara efektif dan santun

Adanya :

–      SK pengurus/Panitia Kunjungan industri

–      Program Kunjungan industri

–      Jurnal

–      Laporan Pelaksanaan Kunjungan industri

–      Sertifikasi

Kepala Sekolah

KKK

Waka Humas / Hubin

Semester 2 tahun ajaran 2020/2021 Masyarakat  
7 Melaksanakan Prakerin Memberikan pengalaman kepada peserta didik untuk memanfaatkan kompetensi kejuruannya

Memperoleh pengalaman dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulisan secara efektif dan santun

Adanya :

–      SK pengurus/Panitia Prakerin

–      Program Prakerin

–      Jurnal

–      Laporan Pelaksanaan Prakerin

–      Sertifikasi

–      Rekapitulasi data hasil supervise dan tindak lanjut

Kepala Sekolah

KKK

Waka Humas / Hubin

Semester 3 tahun ajaran 2020/2021 Masyarakat  
III STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
1 Memeriksa kelengkapan RPP Memiliki RPP yang sesui dengan tuntutan SKL Adanya RPP yang memuat :

–       Pembiasaan berfikir logis, kreatif dan inovatif dalam pengambilan keputusan

–       Pembiasaan berfikir yang berkitan dengan analisis pemecahan masalah

–       Menganalisis gejala alam- mencari informasi dari berbagai sumber belajar

–       Mampu memanfaatkan lingkungan sekolah secara bertanggung jawab.

–       Mengeksperesikan seni

–       Mengapreasikan hasil karya seni

–       Memiliki rasa percaya diri dan bertanggungjawab

–       Penegakan aturan social

–       Menghargai orang lain, perbedaan agama, ras, dan social ekonomi

–       membentuk karakter siswa menumbuhkan sprotifitas dan kebersihan lingkungan

–       Studi Kasus pada maple produktif

Waka Kur

KKK

Juli 2020 – Juni 2021 APBS  
2 Mengikuti Lomba akademis dan non akademiS §  Menumbuhkan sikap kompetitif dan sportif

§  menghasilkan karya kreatif individu dan kelompok

§  Memiliki rasa percaya diri dan bertanggungjawab

Adanya :

–          Surat unddangan

–          Daftar peserta lomba

–          Daftar Pembimbing

–          Hasil lomba

–          Seleksi peserta LKS, olahraga, karya ilmiah

Waka Kesiswaan

KKK

Guru peoduktif

APBS

Masyarakat

 
3 Memberikan layanan dalam pengembangan iptek Memberikan wawasan tentang pengembangan IPTEK Adanya :

§  SK Panitia

§  Program Pengembangan IPTEK

§  Laporan Pengembangan IPTEK

KKK

Guru Mapel IPTEK

 
4 Melaksanakan Remedial dan Pengayaan

 

 

Membantu siswa dalam ketuntasan belajar

Membantu siswa dalam meningkatkan perolehan nilai UN/Ujikom ( prestasi siswa )

Adanya :

§  Program Remedial

§  Kartu hasil remedial

§  Danun

§  SKHUN

§  IJAZAH

Waka Kurikulum

KKK

Guru mapl

APBS Setelah :

UTS

UAS

UTS

UKK

Sebelum UN/UKOM

 
5 Melaporkan hasil evaluasi hasil belajar Membuktikan akuntabilitas sekolah Adanya :

§  Buku Raport

§  KHS

§  Leger

§  Surat Undangan

§  Daftar hadir orang tua

KKK

Guru mapel

Oktober 2020

Desember 2020

April 2021

Juni 2021

 
IV STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
1 Mendata ulang Daftar Urutan Kepangkatan Guru Mendapatkan data yang akurat Adanya :

§  Daftar Urutan Kepangkatan yang akurat

§  Kesesuaian kualifikasi akademik dengan  matapelajaran yang diampu

Kabag TU

Waka PSDM

KKK

 
2 Mengidentifikasi kebutuhan guru produktif sesuai dengan jumlah rombel dan kompetensi mayor dan minor Mendapatkan kesesuaian dengan kebutuhan rombel sesuai standar sarpras Adanya :

§  Data jumlah rombel

§  Data jumlah guru produktif

§  Surat Tugas mengajar

§  Jadwal pembelajaran produktif

§  Sertifikat kompetensi

Waka PSDM

KKK

Juli 2020 APBS  
3 Mengadakan pendataan kondisi kesehatan dan keterlibatan masalah, serta perilaku guru (tutur kata, sopan santun dsb) Memiliki guru yang sehat jasmani, rohani dan tidak terlibat masalah negative

memiliki guru yang mempunyaiintegritas kepribadian dan bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, serta peraturan dan ketentuan yang berlaku

Adanya :

§  Data kehadiran guru

§  Data kondisi fisik, mental dan keterlibatan masalah kriminal

KKK Juli 2020 – Juni 2021 APBS  
4 Mengadakan rapat koordinasi dengan orang tua siswa Menjalin kerja sama dengan orang tua dalam penanganan siswa untuk meningkatkan mutu lulusan Adanya :

§  Undangan rapat

§  Daftar hadir

§  Notulen rapat

§  Data perilaku guru pada saat rapat

KKK

Guru mata pelajaran

 Awal tahun

Pembagian     Raport

Akhir tahun

Prakerin

 
5 Mendata penelusuran lulusan Mengevaluasi kompetensi manajerial Adanya :

§  SK Tim Penelusuran lulusan

§  Data penelusuran lulusan

Tim Penelusuran lulusan

BKK

KKK

Juli 2020 – Juni 2021

 

APBS  
6 Mendata ulang tenaga kependidikan Memiliki data tenaga kependidikan yang akurat Adanya :

§  Data tenaga kependidikan

§  Daftar kualifikasi akademik tenaga kependidikan

§  Surat tugas

§  Struktur organisasi TU

§  Uraian tugas Tenaga Kependidikan

§  Tim M&R peralatan dan gedung

Waka PSDM

Kabag TU

Juli 2020  
V STANDAR SARANA DAN PRASARANA
1 Menginventarisasi sarana dan prasarana program keahlian Memiliki data yang lengkap Adanya :

§  Data lahan

§  Data RPU

§  Data RP

§  Data RPK

§  Data Perabot

§  Data Peralatan

§  Data Gedung

§  Data Daya dan Jasa

§  Data Kepemilikan (sertifikat)

§  IMB

§  Data luas lantai

Waka Sarpras

Ka TU

KKK

 
2 Mendata buku yang dibutuhkan dengan Program keahlian yang telah ditetapkan oleh Permendiknas Memiliki buku yang dibutuhkan untuk pembelajaran Adanya :

§  Daftar invetaris buku teks

§  Daftar inventaris modul

§  Daftar inventaris buku pegangan guru

§  Daftar inventaris buku referensi

Pustakawan

Waka sarpras

KKK

Juli 2020 APBS  
3 Mengembangkan peran BKK Membantu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai dengan kompetensi keahlian Adanya :

§  SK Koordinator BKK

§  Daftar siswa yang disalurkan melalui BKK

§  Pelayanan kartu kuning

§  Daftar DU/DI dan Institusi Pasangan

§  Waka Humas/Husin

§  Koord. BKK

§  KKK

Juli 2020 – Juni 2021  
VI STANDAR PENGELOLAAN
1 Menyusun Program Kerja tahunan dan jangka panjang 4 tahunan Memiliki acuan kinerja sesuai target dengan memperhatikan evaluasi diri tentang kekuata, kelemahan , peluang dan ancaman Adanya :

§  SWOT analisis

§  Penentuan strategi

§  Penentuan prioritas bidang garapan

§  Program Kerja tahunan

§  Program jangka panjang sekolah (RKAS/RKT dan RAPBS)

KKK  
2 Penyiapan dokumen pembelajaran Memiliki acuan pelaksanaan pembelajaran Adanya :

§  KTSP.

§  Kalenderpendidikan/akademik

§  Struktur organisasi program keahlian.

§  Pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan/ Pengembangan SDM.

§  Peraturan akademik.

§  Tata tertib program keahlian.

§  Kode etik program keahlian, dan

§  Biaya operasional program keahlian

 
3 Melaksanakan program kesiswaan Memberikan bantuan kepada siswa untuk meningkatkan kompetensi keahliannya Adanya :

§   Program Kesiswaan

§   SK Pembina Kesiswaan

§   Program OSIS

§   Program Ekstrakurikuler

§  Waka Kesiswaan

§  KKK

§  Pembimbing Ekstrakurikuler

 
4 Mengusulkan kebutuhan program keahlian Memberikan informasi kepada Kepala Sekolah sebagai bahan pertimbangan Adanya :

§  Daftar usulan kebutuhan

§  Prioritas pengadaan

KKK Juli 2020  
5 Memberikan kesmpatan untuk peningkatan kompetensi profesi pendidik dan tenaga kependidikan Meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan Adanya :

§  Surat tugas

§  Surat izin belajar

§  Pelaksanaan pelatihan, workshop, peningkatan kualifikasi akademik

§  Laporan pelaksanaan

§  Sertifikat/Ijazah

Waka PSDM

KKK

Juli 2020 – Juni 2021  
6 Melaksanakan magang guru Meningkatkan kompetensi guru produktif Adanya :

§  Daftar DU/DI

§  Surat tugas

§  Jadwal magang

 
VII STANDAR PEMBIAYAAN
7 Pembuatan catatan daftar investasi sarana secara menyeluruh Memiliki catatan nilai investasi Adanya :

·         Daftar inventaris

·         Daftar harga

KKK

Waka Sarana dan prasarana

Juli 2020- Juni 2021    
8 Membantu Kepala Sekolah dalam penyusunan RKAS/RKT dan RAPBS Memberikan informasi kebutuhan Adanya :

·         Daftar usulan kebutuhan

·         Prioritas pengadaan

KKK Juli 2020  
9 Menginventarisasikan kebutuhan biaya program keahlian Memiliki acuan dalam pelaksanaan program kerja tahunan Adanya : daftar :

·         Gaji dan tunjangan guru

·         Gaji dan tunjangan tenaga kependidikan

·         Biaya pengembangan guru dan tenaga kependidikan

·         Biaya Kegiatan Pembelajaran

·         Biaya kegiatan Kesiswaan

·         Biaya alat tulis program keahlian

·         Biaya bahan habis pakai

·         Biaya alat habis pakai

·         Kegiatan rapat

·         Transport dan perjalanan dinas

·         Penggandaan soal ujian/ulangan

·         Daya dan jasa

·         Kegiatan operasional tidak langsung

·         Biaya kebutuhan pendidikan yang lainnya

KKK

Ka TU

Juli 2020  
VIII STANDAR PENILAIAN
1 Mengkoordinasikan nilai siswa Mendapatkan data nilai sebagai bahan peningkatan mutu Adanya :

·         Kumpulan nilai semua mapel

·         Laporan nilai ahlak mulia dan kepribadian dari semua guru

·         KHS

·         Raport

·         Buku induk

KKK Sept 2020

Desember 2020

April 2020

Juni 2020

APBS  
2 Mengkoordinasikan pelaksanaan ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas serta UN/US Mendapatkan hasil nilai evaluasi hasil belajar       Adanya :

·         SK Panitia UTS, UAS, UKK dan UN/US/UKOM

·         Program kerja Panitia

·         Berita Acara

·         Daftar hadir panitia

·         Daftar hadir pengawas

·         Daftar hadir peserta

·         Hasil ulangan

·         Analisis butir soal

·         Program remedial

KKK

Panitia ulangan

Wakasek Kurikulum

 Juli 2020 – Juni 2021 APBS  
3 Mengkoordinasikan pelaksanaan Uji Kompetensi Mengevaluasi ketuntasan belajar dalam kelompok mapel produktif       Adanya :

·         SK Panitia  Ukom

·         Program kerja Panitia

·         Berita Acara

·         Daftar hadir panitia

·         Daftar hadir pengawas

·         Daftar hadir peserta

·         Penguji Eksternal

 
3 Rapat Kenaikan Kelas Menentukan siswa yang naik dan yang tidak naik ·     Adanya :

Undangan

·         Daftar hadir

·         Daftar nilai ( leger )

·         Kriteria kenaikan kelas

·         Kriteria kelulusan

·         Hasil Rapat

·         Notulen rapat

KKK

Waka Kurikulum

Juni 2021  
4 Melaporkan hasil evaluasi belajar kepada pemangku kepentingan Memberikan informasi dan akuntabilitas program keahlian ·     Adanya :

Laporan hasil belajar

·         Undangan rapat orang tua

·         Dafta hadir

·         Raport siswa

·         Bukti penerimaan raport

·         Tanda terima laporan pada buku ekspedisi

Waka kurikulum

KKK

Wali kelas

Desember 2020

Juni 2021

 
5 Membgikan SKHUN dan Ijazah Memberikan hasil ujian siswa ·       Adanya :

Adanya tanda terima

·         SKHUN

·         Ijazah

Wakasek Kurikulum

KKK

Juli 2021  

 


KEGIATAN PEMBELAJARAN

dscf5054-copy-copy

dsc04376

dscf5062-copy-copy

dscf5048-copy-copy

dscf5058-copy

dscf5041-copy

dscf5070-copy-copy