Pesantren Ramadhan dan Literasi Religi di SMK Negeri 1 Bawen

Pesantren ramadhan 1438 H dan Lomba Literasi Religi diadakan di SMK Negeri 1 Bawen pada tanggal 12 – 15 Juni 2017. Tema yang diangkat di tahun ini adalah “Dengan Literasi Religi Kita Tingkatkan Nuansa Islami”. Hal ini selaras dengan visi dan misi sekolah ini yaitu mendidik dan melatih peserta didik bertaqwa dan berakhlaq mulia. Momen yang pas saat ramadhan dimanfaatkan dengan baik oleh sekolah untuk mendidik peserta didik dalam meningkatkan iman dan taqwanya.

Peserta didik digembleng dengan serius dalam pesantren ramadhan ini. Nuansa kekeluargaan terlihat jelas di acara ini. Peserta didik lebih dekat satu sama lain tidak ada perbedaan kelas disini karena semua peserta didik dikumpulkan, diarahkan, dan dibina bersama-sama.

Bagi yang non Muslim, acara tidak kalah seru dan menarik karena ada mentor-mentor andalan yang mengelola kegiatan untuk peserta didik yang non muslim. Mereka juga mendapatkan siraman rohani dan motivasi dari tenaga terpilih ini.

Acara pesantren ini juga dimanfaatkan oleh Tim Literasi sekolah dengan memadukan acara pesantren dengan Lomba Literasi yang bertema Religi. Lomba-lomba yang diadakan adalah Lomba membaca pemahaman, Lomba resensi cerpen, Lomba developing story, dan Lomba making poster. Antusiasme peserta didik sangat terlihat disini, karena mereka dapat menuangkan hobi dan minatnya dalam hal bahasa dan seni. Peserta didik berlomba-lomba memberikan hasil yang terbaik agar dapat terpilih menjadi juara.

Penganugerahan juara literasi menjadi penutup acara pesantren dan lomba literasi religi tahun 2017. Semoga menjadi berkah bagi kita semua dan seluruh peserta didik menjadi insan yang bertaqwa dan berakhlak mulia.