Gerakan Literasi Sekolah

 

SEMKENSABA SIAP IKUT SERTA DALAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH

Oleh: Ayu Eka

GLS (Gerakan Literasi Sekolah) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan budaya baca terhadap masyarakat. Perlu iita ketahui jika membaca merupakan salah satu kegiatan yang mampu meningkatkan pengetahuan kita. Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi pembelajaran budi pekerti sepanjang hayat bagi setiap siswa sebagai mana dituangkan dalam Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015.

Selasa, 3 Januari 2017 merupakan hari pertama masuk sekolah pada semester II setelah seluruh siswa libur sekolah selama 2 minggu. Pada hari itu juga Bapak Jumeri, selaku kepala SMK N 1 Bawen meresmikan keikutsertaan siswa Bawen dalam Gerakan Literasi Sekolah. Gerakan ini secara resmi dibuka dengan sambutan Bapak Jumeri kemudian dilanjutkan dengan pembagian  !3 buku kepada siswa. Bku dibagikan kepada setiap siswa yang mampu menjawab pertanyaan dari perwakilan bapak/ibu guru. Semua siswa tampak berantusias untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, terbukti dengan ludesnya buku yang disediakan.

Setelah peresmian itu, setiap hari petugas piket kelas wajib untuk mengambil buku literasi. Kegiatan Literasi berlangsung selama 15 menit sebelum pembelajaran dimulai dengan didampingi bapak/ibu guru pengampu jam pembelajaran pertama. Selain itu sekolah juga telah menyediakan tambahan buku di perpustakaan dan juga akan menyiapkan satu buku untuk setiap upacara yang nantikan akan di beriakn kepada siswa yang mampu menjawab pertanyaan dari pembina upacara.

Membaca itu memang sangat penting. Terbukti dengan dua tokoh besar Indonesia yaitu Ir. Soekarno dan KH. Abdurrahman Wahid, yang memiliki pengetahuan besar dengan membaca. Apakah guna buku jika tidak dibaca. Walaupun banyak buku yang diterbitkan, namun tanpa diimbangi dengan minat baca yang tinggi itu sama halnya kosong. Buku adalah gudangnya ilmu dan membaca adalah kuncinya.

Sejauh ini kegiatan literasi ini berjalan dengan lancar. Bahkan dengan adanya gerakan literasi ini membantu siswa kelas tiga dalam mengulas soal-soal yang di UASBNkan.

Semoga dengan berbagai fasilitas yang telah disediakan, SMK N 1 Bawen mampu menjadi “Sekolah Berbudaya Baca”. Sebagai siswa saya bangga memiliki sekolah yang berliterasi. Mari seluruh warga SMK N 1 Bawen kita tingkatkan budaya baca kita. SMK BISA!

 

 

Ayu Eka Lestari (XII-TPHP C)